Press "Enter" to skip to content

MULAI MENANAM PADA MUSIM COVID-19

Musim Covid-19 ini mengubah gaya hidup semua orang di dunia. Yang tadinya kegiatan kerja yang padat sekarang bisa jadi santai di rumah. Saya mulai menanam di awal bulan Juni 2021. Pada awalnya saya mulai dari membaca artikel dan nonton Youtube. Bagaimana cara memulai menanam, memilih tanaman yang cocok buat pemula dan mudah ditanam, setelah itu memilih media tanam dan cara merawat tanaman.

Yang paling banyak di temukan adalah tanaman hias buat indoor maupun outdoor, saya coba cari di Tokopedia banyak banget pilihan tanaman hias. Macam-macam perlengkapan dari media tanam, pupuk, sekam padi, pot dan perlengkapan buat bercocok tanam banyak di temukan di sini. Juga ada penjual yang kreatif menjual paket menanam dengan packingan yang unik, semua yang diperlukan dalam 1 paket disertakan petunjuk cara menanam.

Ada 3 jenis bibit yang ku beli. Sudah sama ongkir cuma Rp 58.500. Beli di toko Uni-Store, disana menjual berbagai macam bibit tanaman hias, buah dan sayuran dengan harga yang terjangkau. Di zaman sebelum Covid-19 tanaman hias ini sudah banyak dikoleksi dan dapat di temukan di mana-mana. Dimasa pandemic ini mulai naik daun dan banyak di cari orang. Sehingga harga jual juga relatif naik namun masih terjangkau.

Foto diatas saya ambil dihari pertama menanam. Setelah unboxing ternyata strawberrynya sudah layu dan kering. Bonggol monstera panjang sejengkal sekitar 10cm. Bentuknya cuma batangan saja tanpa daun. Tanaman merambat si gading hijau daunnya sedikit layu. Setelah bongkar secepat masukin ke pot, kasih tanah dan air supaya ga kelamaan dehidrasi.

Sejak punya tanaman rutinitas di pagi hari saya menyiram tanaman dan perhatiin masa pertumbuhan mereka. Si gading hijau pertumbuhan tunas barunya baru kelihatan ketika di hari ke 10 (gambar before). Foto after di hari ke 38 (gambar after). Gading hijau rawatnya lebih gampang dan cepat tumbuh, bisa ditancapkan ke air langsung maupun tanah.

Bonggol ini jenis Monstera Amyridium. Kesan pertama melihat tanaman Monstera ini kelihatan cantik langsung saya pesan saja. Yang penting memulai dulu. Media tanam seperti tanah hitam, beli di taman bunga dekat rumah. 1goni Tanah hitam cuma Rp 15.000 isinya sekitar 15kg. Pot menggunakan toples bekas makanan. Letak dengan posisi horizontal tutupin batang dengan tanah sisain ujung tunasnya sedikit.

Yeah.. berhasil… lihat foto before after di bawah tunasnya uda tumbuh daun sekitar 3cm. Kita pantau pertumbuhannya ya. nanti saya update lagi.



Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *